Wednesday, March 4, 2015

Syarat media yang baik untuk pesemaian

Media pesemaian yang baik sangat penting dan dapat menunjang pertumbuhan bibit tanaman di pesemaian. Media pesemaian perlu disiapkan sesuai kriteria atau persyaratan masing-masing bahan untuk dapat menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya tanaman. Media pesemaian/pembibitan merupakan media yang digunakan untuk menumbuhkan bahan tanam hingga menjadi bibit yang siap tanam

Syarat media yang baik untuk pesemaian, antara lain :
a. Tidak mengandung racun atau zat-zat yang dapat menghambat perkecambahan
b. Dapat menyediakan air dalam jumlah yang memadai selama proses perkecambahan
c. Media pesemaian harus menyediakan nutrisi bagi pertumbuhan bibit
d. Media pesemaiann harus dapat menyediakan oksigen yang cukup selama proses perkecambahan
e. Media pesemaian harus dapat memberi peluang yang sama (homogen) selama 
    proses perkecambahan
f. Media pesemaian tidak mudah rusak selama proses perkecambahan.
 
Media pesemaian sebagai awal tempat tumbuhnya bahan tanam harus dapat menopang tanaman untuk berdiri tegak, menyediakan air dan udara serta dapat menyediakan unsur hara yang diperlukan bibit tanaman. Untuk mendapatkan media yang subur dan gembur dapat dibuat dengan cara mencampurkan beberapa media yang mempunyai karakteristik berbeda dengan perbandingan tertentu hingga didapat bentuk campuran media yang sesuai dengan kebutuhan jenis bahan tanam.

Jika menggunakan tanah sebagai bahan campuran media semai gunakan tanah pada lapisan subsoil karena pada lapisan ini tanahnya lebih sedikit mengandung mikroorganisme patogen. Bahan lain yang ditambahkan selain tanah dapat berupa pupuk kandang atau kompos.

No comments:

Post a Comment