Thursday, March 5, 2015

Pengisian media dalam polibag

Persyaratan media
Syarat media tumbuh yang baik adalah ringan, murah, mudah didapat, poros, gembur) dan subur/kaya unsur hara. Penggunaan media tumbuh yang tepat akan menentukan pertumbuhan optimum bibit yang ditangkarkan. Komposisi media tanam untuk mengisi polibag dapat digunakan campuran tanah, pupuk kandang dan sekam padi dengan perbandingan 1:1:1.

Media tumbuh yang baik akan menentukan keberhasilan dalam pembibitan. Media yang baik harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1) Bebas hama dan penyakit.
2) Gembur, volume dan bentuk relatif stabil.
3) Dapat menahan air dan udara dalam jumlah sebanding dan mencukupi.
4) Mudah melepaskan kelebihan air.
5) Aerasinya baik.
6) Cukup mengandung unsur hara.

Media tumbuh yang digunakan dalam pembibitan berupa campuran antara tanah gembur, pasir dan pupuk kandang/kompos atau bisa media lainnya. Pencampuran beberapa jenis media tumbuh harus memperhatikan kegunaannya.

Misal :
1) Untuk menyemai benih/kecambah, dapat mencampur tanah, pasir, pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1 : 2 : 1. Adapun maksud dan tujuan pencampuran media ini agar didapat suatu bentuk media yang subur, gembur, dengan aerasinya tinggi sehingga benih/kecambah yang disemai dapat mudah tumbuh dan jika bibit disapih mudah dicabut.

2) Untuk media penyapihan bibit, dapat menggunakan campuran antara tanah, pasir dan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1 : 1 : 1.
Beberapa komponen media tumbuh yang sudah terpilih kemudian dicampur rata/homogen. Untuk mendapatkan hasil campuran yang baik, komponen media yang akan dicampur harus kering. Pencampuran hendaknya dimulai dari media yang perbandingannya paling sedikit lalu diikuti dengan media yang perbandingannya lebih banyak.

Pengisian media dalam polibag
Pengisian media tumbuh ke dalam polibag dapat dilakukan dengan menggunakan sekop kecil. Adapun cara mengisi media dalam polibag adalah sebagai berikut :
1) Bibir polibag dilipat disesuaikan ukuran polibag sebanyak dua kali lipatan.
2) Media diisikan dengan cara bertahap sedikit demi sedikit sambil dipadatkan secara hati-hati.
3) Pengisian media sampai batas  90 % terisi. Polibag yang sudah terisi media, disimpan dalam tempat pembibitan dengan ditata rapi sesuai dengan tempat yang telah ditentukan. Agar penataan polibag teratur maka dalam menata harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
4) Polibag yang ditata dalam pasir berdiri tegak
5) Polibag antar polibag harus rapat
6) Penataan polibag dikelompokkan dengan berbasis memanjang dan melabar lurus sesuai
    bentuk bedengan.

Salah satu syarat benih dapat berkecambah dengan baik apabila media yang digunakan cocok/sesuai bagi tumbuhnya. Media yang baik untuk perkecambahan benih apabila memenuhi beberapa syarat antara lain :

1) Tidak mengandung racun
2) Mudah menyerap air dan melepaskan kelebihan air
3) Memiliki pH netral
4) Bebas hama dan penyakit
5) Memiliki aerasi yang baik

Untuk mendapatkan media perkecambahan sesuai dengan syarat tersebut, maka bahan media yang dapat digunakan adalah kertas buram, koran, kertas saring, tissue, pasir, tanah, batu merah dan lain-lain. Selama menyiapkan media perkecambahan hal yang harus diperhatikan adalah jenis benih yang akan dikecambahkan disesuaikan dengan karakteristik dari benih yang disemai.

No comments:

Post a Comment