Friday, March 13, 2015

Jenis-jenis pembukuan usaha

1) Sistem pembukuan
Dua sistem pembukuan yang umum digunakan di dunia usaha dan organisasi lainnya adalah sistem pembukuan masukan-tunggal dan pembukuan berpasangan. Sistem pembukuan masukan-tunggal hanya menggunakan akun pendapatan dan pengeluaran, dicatat terutama di dalam jurnal pendapatan dan pengeluaran. Pembukuan masukan-tunggal cocok digunakan untuk usaha mikro dan kecil. Pembukuan berpasangan memerlukan pengeposan (pencatatan) tiap-tiap transaksi dua kali, menggunakan debit dan kredit.

2) Pengertian Pembukuan tunggal



3) Pengertian pembukuan ganda
Bentuk pembukuan ini lebih baik daruipada pembukuan tunggal. dalam pembukuan ini pengeluaran dipsah-pisahakan menurut jenis, cabang usaha tani, yang diusahakan. begitu pula dengan catatan penerimaan. dengan demikian, dari pembukuan ini dapat diketahui pendapatan usaha tani secara keseluruhan dan juga besarnya pendapatan dari tiap cabang usaha tani. catatan penerimaan dan pengeluaran dapat diikuti dari daftar berikut.


Sifat pembukuan ini sangat terbatas. pembukuan ini dapat memberikan informasi pendapatan usaha tani. di dalam pembukuan tunggal yang sederhana hanya tercatat jumalah produk yang dujual dan pengeluaran-pengeluaran dalam uang tunai. di dalam pembukuan tunggal yang lebih baik sudah disertakan catatan-catatan mengenai semua faktor produksi yang digunakan. Pada daftar berikut dapat diikuti bentuk pembukuan tunggal yang sederhana. bentuk ini hanya berisikan 2 hal pokok, yaitu penerimaan adan pengeluaran usaha tan. karena itu catatan-catatan ini tidak memberikan cukup informasi untuk analisa pendapatan.

No comments:

Post a Comment