Thursday, March 19, 2015

Menyambung Pucuk tanaman kakao

Menyiapkan batang bawah
Untuk keperluan penyambungan, terlebih dahulu kita harus menyediakan batang bawah. Batang bawah inilah yang kelak akan disambung dengan entres dari pohon yang kita kehendaki. Batang bawah ini bisa diperoleh dengan menyemai benih yang unggul dalam perakarannya seperti tahan terhadap serangan penyakit akar dan sistem perakaran yang kuat. Umur batang bawah untuk dapat disambung adalah 4-6 bulan dimana batang masih berwarna hijau.

Menyiapkan entres
Batang atas dari bibit sambungadalah entres, yakni cabang yang diambil dari bagian pucuk pohon induk. Agar hasil sambungan memuaskan tentu saja entres ini harus diambil dari pohon induk yang telah diketahui silsilahnya, tingkat pertumbuhan, tahan terhadap penyakit percabangan serta kualitas dan kuantitas buahnya. Entres harus diperoleh dar cabang yang umurnya sama dengan umur batang bawah. Entres yang memenuhi syarat adalah berwarna hijau kelabu atau kecoklatan.

Cabang entres yang sudah kita pilih dipotong pada waktu pagi hari. Jumlah cabang yang dipotong harus disesuaikan dengan jumlah sambungan yang dapat dilakukan dalam satu hari. Bila cabang entres akan dibawa ke tempat yang jauh, maka perlu mendapat perlakuan khusus. Caranya dengan mengikat cabang-cabang yang telah dipotong menjadi satu, lalu dibungkus dengan pelepah pisang yang rapat. Apabila dalam jumlah banyak dapat dibungkus dengan lumut sphagnum, atau serbuk gergaji lalu dimasukan ke dalam peti kayu dan disimpan di tempat yang terlindung dan sejuk.

Waktu menyambung
Faktor-faktor iklim mempengaruhi aktivitas tumbuh tanaman, sehingga dapat mempengaruhi hasil sambungan. Faktor-faktor tersebut adalah suhu dan curah hujan.Suhu udara berpengaruh terhadap pembentukan sel-sel parenkim penyusun jaringan kalus yang terbentuk akibat adanya perlukaan (irisan). Suhu optimum untuk penyambungan adalah 27-29°C. Waktu yang tepat untuk melakukan sambungan adalah awal musim hujan dan kegiatan sebaiknya dilakukan pukul 7.00 – 10.00 saat matahari belum bersinar terik.

Tahapan menyambung pucuk
  • Pada ketinggian 10 – 30 cm dari leher akar batang bawah dipotong. Permukaan batang yang telah dipotong ini lalu dibelah menjadi dua bagian yang sama besar. Panjang belahan ini 2 – 5 cm.
  • Entres yang sudah disiapkan dipotong, sehingga panjangnya antara 7,5-10 cm. Bagian pangkal disayat pada kedua sisinya sepanjang 2-2,5 cm, sehingga bentuk irisannya seperti mata kapak
  • Entres yang sudah disiapkan selanjutnya dimasukkan ke dalam belahan batang bawah. Langkah ini harus dilakukan secara hati-hati. Pokok keberhasilan dalam sambungan adalah pada saat menyisipkan entres. Pada waktu memasukkan entres ke belahan batang bawah perlu diperhatikan agar kambium entres bisa bersentuhan dengan kambium batang bawah
  • Entres yang sudah disiapkan selanjutnya dimasukkan ke dalam belahan batang bawah. Langkah ini harus dilakukan secara hati-hati. Pokok keberhasilan dalam sambungan adalah pada saat menyisipkan entres. Pada waktu memasukkan entres ke belahan batang bawah perlu diperhatikan agar kambium entres bisa bersentuhan dengan kambium batang bawah.

Setelah kurang lebih 3 minggu dari waktu pengikatan, kini tiba saatnya melakukan pemeriksaan berhasil-tidaknya sambungan. Sambungan yang berhasil akan tumbuh tunas sedangkan yang gagal akan berwarna hitam dan kering. Pada saat ini sungkup plastiknya sudah bisa dibuka. Namun, pita pengikat sambungan baru boleh dibuka 3-4 minggu kemudian. Untuk selanjutnya kita tinggal merawat sampai bibit siap dipindah ke kebun.

No comments:

Post a Comment