Saturday, January 25, 2014

TARI MERDI DESA

                        TARI MERDI DESA



Tari Merdi  Desa bersal dari jawa tengah yaitu tepatnya di daerah Dieng yang sangat terkenal dengan daerah wisatanya yang termasuk daerah dataran tinggi,  tari Merdi Desa berasal dari dua kata yaitu Memardi dan Desa tarian ini memang salah satu adat budaya masarakat dieng jawa tengah yang masih kental akan budaya jawa.Tarian ini. Memardi artinya Pesta, tapi bisa juga diartikan sebagai "Gotong-Royong, -Budaya solidaritas dan Kebersamaan dalam melakukan suatu kegiatan yang sangat kental di Masyarakat Jawa. Sedang Deso artinya Desa atau perkampungan atau pemukiman dalam suatu wilayah tertentu.

Merdi Desa bisa dikatakan atau diartikan sebagai acara Pesta Desa atau pesta Rakyat. Pesta disini bukanlah Pesta Pora yang identik dengan bersenang-senang untuk merayakan suatu kemenangan atau prestasi tertentu. Merdi Desa disini lebih bertujuan sebagai manifestasi rasa Syukur atas nikmat Rejeki yang dianugerahkan Tuhan yang Maha Esa, serta permohonan keselamatan Kepada-NYA agar terhindar dari mara bahaya dan Bencana.

Masyarakat  sangat menjunjung nilai tradisi, moral kearifan lokal, adat istiadat serta Seni Budaya. serta agama nenek moyang dimasa lalu selalu tetap dijaga dan dilestarikan, meskipun sebagian besar mayoritas warga menganut agama Islam

Acara yang digelar dalam Merdi Desa tersebut yaitu "sedekah Bumi" atau Tasyakuran yang dilakukan di rumah Pemangku adat,atau Perangkat Desa yang kemudian diramaikan acara pentas Seni seperti Pertunjukan tari dan juga  Pagelaran Wayang Kulit dan kesenian lainnya yang kemudian ditutup dengan Doa bersama.

No comments:

Post a Comment