KUESIONER PENGGALIAN INFORMASI KOMPETESI GURU SEKOLAH
DASAR
Nama :
Asal Sekolah :
Asal Daerah :
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
A.
|
Kompetensi Pedagogi
|
||
1.
|
Saya memahami perkembangan fisik anak usia SD
|
||
2.
|
Saya
memahami karakteristik emosi anak usia SD
|
||
3.
|
Saya
memahami karakteristik kognitif (cara berpikir) anak usia SD
|
||
4.
|
Saya
mengetahui cara mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi Matematika
|
||
5.
|
Saya
mengetahui cara mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi Bahasa
Indonesia
|
||
6.
|
Saya mengetahui
cara mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi PKn
|
||
7.
|
Saya
mengetahui cara mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi IPA
|
||
8.
|
Saya
mengetahui cara mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi IPS
|
||
9.
|
Saya mampu
mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi matematika
|
||
10.
|
Saya mampu
mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi Bahasa Indonesia
|
||
11.
|
Saya mampu
mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi PKn
|
||
12.
|
Saya mampu
mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi IPA
|
||
13.
|
Saya mampu
mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi IPS
|
||
14.
|
Saya
mengetahui cara mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada bidang
studi Matematika
|
||
15.
|
Saya
mengetahui cara mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada bidang
studi Bahasa Indonesia
|
||
16.
|
Saya
mengetahui cara mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada bidang
studi PKn
|
||
17.
|
Saya
mengetahui cara mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada bidang
stud IPA
|
||
18.
|
Saya
mengetahui cara mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada bidang
studi IPS
|
||
19.
|
Saya mampu
mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada bidang studi Matematika
|
||
20.
|
Saya mampu
mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada bidang studi Bahasa Indonesia
|
||
21.
|
Saya mampu
mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada bidang studi PKn
|
||
22.
|
Saya mampu
mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada bidang studi IPA
|
||
23.
|
Saya mampu
mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada bidang studi IPS
|
||
24.
|
Saya
mengetahui hakikat pembelajaran Matematika yang mendidik untuk anak usia SD
|
||
25.
|
Saya
mengetahui hakikat pembelajaranBahasa Indonesia yang mendidik untuk anak usia
SD
|
||
26.
|
Saya
mengetahui hakikat pembelajaran PKn yang mendidik untuk anak usia SD
|
||
27.
|
Saya
mengetahui hakikat pembelajaran IPA
yang mendidik untuk anak usia SD
|
||
28.
|
Saya
mengetahui hakikat pembelajaran IPS yang mendidik untuk anak usia SD
|
||
29.
|
Saya mampu
menerapkan strategi pembelajaran Matematika untuk anak usia SD
|
||
30.
|
Saya mampu
menerapkan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk anak usia SD
|
||
31.
|
Saya mampu
menerapkan strategi pembelajaran PKn untuk anak usia SD
|
||
32.
|
Saya mampu
menerapkan strategi pembelajaran IPA untuk anak usia SD
|
||
33.
|
Saya mampu
menerapkan strategi pembelajaran IPS untuk anak usia SD
|
||
34.
|
Saya mampu
membuat perencanaan pembelajaran tematik
|
||
35.
|
Saya mampu
menerapkan pembelajaran tematik untuk kelas rendah
|
||
36.
|
Saya
mengetahui tingkat kognitif yang ingin dicapai untuk masing-masing SK/KD
untuk sekolah dasar
|
||
37.
|
Saya mampu
menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran untuk semua bidang studi di sekolah
dasar.
|
||
38.
|
Saya
mengetahui prinsip-prinsip penggunaan media untuk bidang studi Matematika di
SD
|
||
39.
|
Saya
mengetahui prinsip-prinsip penggunaan media untuk bidang studi Bahasa
Indonesia di SD
|
||
40.
|
Saya
mengetahui prinsip-prinsip penggunaan media untuk bidang studi PKn di SD
|
||
41.
|
Saya
mengetahui prinsip-prinsip penggunaan media untuk bidang studi IPA di SD
|
||
42.
|
Saya
mengetahui prinsip-prinsip penggunaan media untuk bidang studi IPS di SD
|
||
43.
|
Saya
menggunakan media sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Matematika dan
tema yang diajarkan.
|
||
44.
|
Saya
menggunakan media sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Bahasa Indonesia
dan tema yang diajarkan.
|
||
45.
|
Saya
menggunakan media sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PKn dan tema
yang diajarkan.
|
||
46.
|
Saya
menggunakan media sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPA dan tema
yang diajarkan.
|
||
47.
|
Saya menggunakan
media sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS dan tema yang diajarkan.
|
||
48.
|
Saya mampu
melakukan pengelolaan kelas dengan baik untuk kelas tinggi sekolah dasar
|
||
49.
|
Saya mampu
melakukan pengelolaan kelas dengan baik untuk kelas rendah sekolah dasar
|
||
50.
|
Saya mampu
menyusun isntrumen penilaian dan evaluasi untuk mata pelajaran Matematika
sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
|
||
51.
|
Saya mampu
menyusun isntrumen penilaian dan evaluasi untuk mata pelajaran Bahasa
Indonesia sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
|
||
52.
|
Saya mampu
menyusun isntrumen penilaian dan evaluasi untuk mata pelajaran PKn sesuai
dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
|
||
53.
|
Saya mampu
menyusun isntrumen penilaian dan evaluasi untuk mata pelajaran IPA sesuai
dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
|
||
54.
|
Saya mampu
menyusun isntrumen penilaian dan evaluasi untuk mata pelajaran IPS sesuai
dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
|
||
55.
|
Saya mampu menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan pada mata pelajaran
Matematika
|
||
56.
|
Saya mampu menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia
|
||
57.
|
Saya mampu menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan pada mata pelajaran PKn
|
||
58.
|
Saya mampu menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan pada mata pelajaran IPA
|
||
59.
|
Saya mampu menggunakan informasi hasil penilaian dan
evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan pada mata pelajaran IPS
|
||
B.
|
Kompetensi Profesional
|
||
60.
|
Saya memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa.
|
||
61.
|
Saya memahami
kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia
|
||
62.
|
Saya menguasai
dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
|
||
63.
|
Saya memiliki
keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
|
||
64.
|
Saya memahami
teori dan genre sastra Indonesia.
|
||
65.
|
Saya mampu
mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.
|
||
66.
|
Saya menguasai
pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam
konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran,
statistika, dan logika matematika.
|
||
67.
|
Saya mampu
menggunakan matematisasi horizontal
dan vertikal untuk menyelesaikan
masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata.
|
||
68.
|
Saya mampu
menggunakan pengetahuan konseptual,
prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah
matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
69.
|
Saya mampu
menggunakan alat peraga, alat ukur, alat
hitung, dan piranti lunak komputer.
|
||
70.
|
Saya mampu
melakukan observasi gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung.
|
||
71.
|
Saya mampu memanfaatkan
konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi
kehidupan sehari-hari.
|
||
72.
|
Saya memahami
struktur ilmu pengetahuan alam, termasuk hubungan fungsional antarkonsep,
yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA
|
||
73.
|
Saya menguasai
materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan
IPS.
|
||
74.
|
Saya mampu mengembangkan
materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.
|
||
75.
|
Saya memahami
cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam
konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global
|
||
76.
|
SAya memahami
fenomena interaksi perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat
serta saling ketergantungan global.
|
||
77.
|
Saya menguasai
materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku
yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn.
|
||
78.
|
Saya menguasai
konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional
Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara.
|
||
79.
|
Saya menguasai
konsep dan prinsip perlindungan,
pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.
|
||
80.
|
Saya menguasai
konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang
demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia
|
PEMAHAMAN TERHADAP KURIKULUM
2013
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
81.
|
Saya pernah
membaca dokumen Kurikulum 2013
|
||
82.
|
Saya memahami
unsur-unsur perubahan dalam kurikulum 2013
|
||
83.
|
Saya memahami
konsep pembelajaran tematik-terintegratif
|
||
84.
|
Pembelajaran
tematik menggunakan RPP sebanyak mata pelajaran yang diintegrasikan
|
||
85.
|
Saya
mengetahui tentang keterampilan proses sains
|
||
86.
|
Aktivitas
mengamati, mengukur, dan mengelompokkan adalah aktivitas psikomotor
|
||
87.
|
Saya
mengetahui tentang penilaian autentik
|
||
88.
|
Saya mampu
menyusun rencana pembelajaran tematik dengan baik
|
||
89.
|
Saya mampu
melaksanakan pembelajaran tematik
|
||
90.
|
Saya mampu
mengevaluasi pembelajaran tematik
|
No comments:
Post a Comment