Saturday, January 25, 2014

CONTOH KUESIONER PENGGALIAN INFORMASI KOMPETESI GURU SEKOLAH DASAR



KUESIONER PENGGALIAN INFORMASI KOMPETESI GURU SEKOLAH DASAR

Nama              :
Asal Sekolah   :
Asal Daerah    :
No.
Pernyataan
Ya
Tidak
A.
Kompetensi Pedagogi


1.        
Saya memahami perkembangan fisik anak usia SD


2.        
Saya memahami karakteristik emosi anak usia SD


3.        
Saya memahami karakteristik kognitif (cara berpikir) anak usia SD


4.        
Saya mengetahui cara mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi Matematika


5.        
Saya mengetahui cara mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi Bahasa Indonesia


6.        
Saya mengetahui cara mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi PKn


7.        
Saya mengetahui cara mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi IPA


8.        
Saya mengetahui cara mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi IPS


9.        
Saya mampu mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi matematika


10.    
Saya mampu mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi Bahasa Indonesia


11.    
Saya mampu mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi PKn


12.    
Saya mampu mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi IPA


13.    
Saya mampu mengenali kemampuan awal siswa pada bidang studi IPS


14.    
Saya mengetahui cara mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada bidang studi Matematika


15.    
Saya mengetahui cara mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada bidang studi Bahasa Indonesia


16.    
Saya mengetahui cara mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada bidang studi PKn


17.    
Saya mengetahui cara mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada bidang stud IPA


18.    
Saya mengetahui cara mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada bidang studi IPS


19.    
Saya mampu mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada  bidang studi Matematika


20.    
Saya mampu mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada  bidang studi  Bahasa Indonesia


21.    
Saya mampu mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada  bidang studi  PKn


22.    
Saya mampu mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada  bidang studi IPA


23.    
Saya mampu mengenali kesulitan belajar siswa anak usia SD pada  bidang studi IPS


24.    
Saya mengetahui hakikat pembelajaran Matematika yang mendidik untuk anak usia SD


25.    
Saya mengetahui hakikat pembelajaranBahasa Indonesia yang mendidik untuk anak usia SD


26.    
Saya mengetahui hakikat pembelajaran PKn yang mendidik untuk anak usia SD


27.    
Saya mengetahui hakikat pembelajaran  IPA yang mendidik untuk anak usia SD


28.    
Saya mengetahui hakikat pembelajaran IPS yang mendidik untuk anak usia SD


29.    
Saya mampu menerapkan strategi pembelajaran Matematika untuk anak usia SD


30.    
Saya mampu menerapkan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk anak usia SD


31.    
Saya mampu menerapkan strategi pembelajaran PKn untuk anak usia SD


32.    
Saya mampu menerapkan strategi pembelajaran IPA untuk anak usia SD


33.    
Saya mampu menerapkan strategi pembelajaran IPS untuk anak usia SD


34.    
Saya mampu membuat perencanaan pembelajaran tematik


35.    
Saya mampu menerapkan pembelajaran tematik untuk kelas rendah


36.    
Saya mengetahui tingkat kognitif yang ingin dicapai untuk masing-masing SK/KD untuk sekolah dasar


37.    
Saya mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran untuk semua bidang studi di sekolah dasar.


38.    
Saya mengetahui prinsip-prinsip penggunaan media untuk bidang studi Matematika di SD


39.    
Saya mengetahui prinsip-prinsip penggunaan media untuk bidang studi Bahasa Indonesia di SD


40.    
Saya mengetahui prinsip-prinsip penggunaan media untuk bidang studi PKn di SD


41.    
Saya mengetahui prinsip-prinsip penggunaan media untuk bidang studi IPA di SD


42.    
Saya mengetahui prinsip-prinsip penggunaan media untuk bidang studi IPS di SD


43.    
Saya menggunakan media sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Matematika dan tema yang diajarkan.


44.    
Saya menggunakan media sesuai dengan karakteristik mata pelajaran Bahasa Indonesia dan tema yang diajarkan.


45.    
Saya menggunakan media sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PKn dan tema yang diajarkan.


46.    
Saya menggunakan media sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPA dan tema yang diajarkan.


47.    
Saya menggunakan media sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS dan tema yang diajarkan.


48.    
Saya mampu melakukan pengelolaan kelas dengan baik untuk kelas tinggi sekolah dasar


49.    
Saya mampu melakukan pengelolaan kelas dengan baik untuk kelas rendah sekolah dasar


50.    
Saya mampu menyusun isntrumen penilaian dan evaluasi untuk mata pelajaran Matematika sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.


51.    
Saya mampu menyusun isntrumen penilaian dan evaluasi untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.


52.    
Saya mampu menyusun isntrumen penilaian dan evaluasi untuk mata pelajaran PKn sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.


53.    
Saya mampu menyusun isntrumen penilaian dan evaluasi untuk mata pelajaran IPA sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.


54.    
Saya mampu menyusun isntrumen penilaian dan evaluasi untuk mata pelajaran IPS sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.


55.    
Saya mampu menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan pada mata pelajaran Matematika


56.    
Saya mampu menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia


57.    
Saya mampu menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan pada mata pelajaran PKn


58.    
Saya mampu menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan pada mata pelajaran IPA


59.    
Saya mampu menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan pada mata pelajaran IPS


B.
Kompetensi Profesional


60.    
Saya memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa.


61.    
Saya memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia


62.    
Saya menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar


63.    
Saya memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)


64.    
Saya memahami teori dan genre sastra Indonesia.


65.    
Saya mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif.


66.    
Saya menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika.


67.    
Saya mampu menggunakan matematisasi   horizontal dan vertikal untuk  menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata.


68.    
Saya mampu menggunakan pengetahuan konseptual,  prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. 


69.    
Saya mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat   hitung, dan piranti lunak komputer.


70.    
Saya mampu melakukan observasi gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung.


71.    
Saya mampu memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.


72.    
Saya memahami struktur ilmu pengetahuan alam, termasuk hubungan fungsional antarkonsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA


73.    
Saya menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS.


74.    
Saya mampu mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS.


75.    
Saya memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global


76.    
SAya memahami fenomena interaksi perkembangan  ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global.


77.    
Saya menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn.  


78.    
Saya menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara.


79.    
Saya menguasai konsep dan prinsip  perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.


80.    
Saya menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia























































PEMAHAMAN TERHADAP KURIKULUM 2013

No.
Pernyataan
Ya
Tidak
81.    
Saya pernah membaca dokumen Kurikulum 2013


82.    
Saya memahami unsur-unsur perubahan dalam kurikulum 2013


83.    
Saya memahami konsep pembelajaran tematik-terintegratif


84.    
Pembelajaran tematik menggunakan RPP sebanyak mata pelajaran yang diintegrasikan


85.    
Saya mengetahui tentang keterampilan proses sains


86.    
Aktivitas mengamati, mengukur, dan mengelompokkan adalah aktivitas psikomotor


87.    
Saya mengetahui tentang penilaian autentik


88.    
Saya mampu menyusun rencana pembelajaran tematik dengan baik


89.    
Saya mampu melaksanakan pembelajaran tematik


90.    
Saya mampu mengevaluasi pembelajaran tematik










No comments:

Post a Comment