Saturday, January 25, 2014

TARI MERAK

  TARI MERAK
                                                     



Tari Merak ini merupakan tarian budaya  kreasi baru dari tanah Pasundan yaitu di jawa barat yang juga kental akan seni budayanya tari merak yang diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950 dan dibuat ulang oleh Irawati Durban pada tahun 1965. Sesuai dengan namanya, Tari Merak banyak terinspirasi oleh keanggunan gerak dan warna ekor burung merak yang sangat menarik dan exotic keindahanya.  tarian ini bercerita tentang pesona merak jantan yang terkenal pesolek dan menawan.

Digambarkan Merak jantan akan memamerkan keindahan bulu ekornya yang mekar dan berwarna-warni untuk menarik hati sang betina agar menjadi tertarik. Gerak gerik sang jantan tampak seperti tarian yang gemulai dan indah  untuk menunjukan pesona dirinya setiap gerakanya pun sangat menawan , bertujuan agar sang betina terpesona dan melanjutkan bersedia kawin dengannya dan menjadi pasanganya .
Kiranya gerakan alami itulah yang menginspirasi tarian tradisonal tanah Pasundan ini. Ciri khas tarian ini yaitu penari umumnya mengenakan selendang yang diikatkan di pinggang, yang bila dibentangkan akan menyerupai ekor burung merak yang mekar dan kaya warna.tarian ini sangat indah selaras seluruh gerakanyapun mengadopsi tarian burung merak yang indah.

Dalam pertunjukannya, ciri bahwa itu adalah terlihat dari pakaian yang dikenakan penarinya memiliki motif menyerupai bulu merak. Kain dan bajunya menggambarkan bentuk dan warna bulu-bulu merak. Ditambah lagi dengan semacam selendang yang dipenuhi payet sebagai gambaran ekor merak yang sedang kembang, serta mahkota yang berbentuk kepala merak yang disebut singer yang akan bergoyang setiap penari menggerakkan kepalanya.

Tarian ini biasanya ditarikan secara rampak dan kompak  , biasanya tiga penari atau bisa juga lebih yang masing-masing memiliki peran sebagai merak jantan dan betina dengan gerakan yang sangat indah. Biasa  tarian ini diiringi oleh iringan gamelan. Meskipun tarian ini menceritakan gerak merak jantan, tetapi keanggunan merak jantan hanya bisa digambarkan melalui gerakan-gerakan penari perempuan. Tari merak memang salah satu kebudyaan Indonesia terutama di jawa barat, tari ini sering dipentaskan dalam acara tari atau acara kebudayaan di jawa barat dan juga sebagian warga Indonesia sangat mengenal tari merak ini.

No comments:

Post a Comment