Saturday, January 11, 2014

MENGOBATI JERAWAT



Cara Mengobati Jerawat

Jerawat adalah jenis gangguan kulit yang umumnya terjadi pada kulit wajah yang merupakan kelainan kulit yang terjadi karena kondisi kulit yang tidak normal akibat kelebihan produksi kelenjar minyak yang menyebabkan penyumbatan saluran folekul rambut dan pori-pori kulit. Jerawat adalah ganguan yang terjadi pada kulit, walaupun umumnya terjadi pada kulit wajah, namun jerawat juga bisa timbul di dada, punggung, atau bahu. Jerawat dapat mengganggu siapa saja, laki-laki, perempuan, remaja, dewasa, atau orang tua.

Untuk mengobati jerawat yang sangat mengganngu fisik atau psikis, harus diketahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Jerawat ditimbulkan oleh beberapa hal, antara lain:

  1. Beban pikiran atau stress.
  2. Faktor keturunan.
  3. Aktivitas hormonal yang tidak seimbang (misalnya menstruasi pada wanita).
  4. Sel kulit mati yang tidak dibersihkan akan menyebabkan tersumbatnya folekul dan pori-pori kulit yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
  5. Bakteri propionini bacterium acnes (P. Acnes). Bakteri ini biasanya berada pada pori-pori kulit yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

Cara mencegah jerawat

Jerawat sangat mengganggu pisik atau psikis seseorang. Jerawat bisa dicegah, atau paling tidak dikurangi, caranya dengan menjaga kebersihan kulit khususnya kulit muka, yaitu dengan cara:

  1. Mencuci wajah secara teratur dengan menggunakan sabun khusus untuk perawatan wajah.
  2. Usahakan rambut tidak menutupi wajah, karena rambut yang kotor dapat mengotori dan menyumbat pori-pori kulit wajah.
  3. Gunakan selalu tisu wajah untuk membersihkan minyak yang terdapat pada kulit wajah.
  4. Makan makanan bergizi dan seimbang untuk menjaga kesehatan kulit.
  5. Hindari makan makanan yang digoreng.
  6. Hindari merokok.
  7. Hindari bergadang, atau tidurlah dengan teratur dan cukup.

Untuk mengobati jerawat yang telah timbul, bisa digunakan obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter kulit, jangan menggunakan obat sembarangan yang dapat berakibat semakin buruk untuk kulit karena kandungan zat kimia yang berbahaya. Selain obat dari dokter, juga bisa menggunakan ramuan masker jerawat tradisional atau masker untuk wajah yang sangat sedikit efek sampingnya, dan bisa dibuat sendiri. Ramuan masker ini digunakan untuk pengobatan dari luar, sedangkan untuk pengobatan dari dalam, bisa dibuat obat jerawat yang diminum.


Masker Jerawat

Jerawat merupakan momok yang menakutkan, apalagi bagi para remaja yang kerap dihinggapi gangguan ini yang bagi sebagian orang ini sangat memalukan. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara melakukan perawatan kulit wajah sejak dini dengan cara perawatan yang tepat. Ada 2 cara perawatan kulit wajah, yaitu perawatan dari luar dan dari dalam. Cara perawatan kulit wajah dari luar dengan cara memberi masker untuk wajah kita supaya kelihatan lebih cerah, halus, dan bebas jerawat. Sedangkan cara perawatan dari dalam, yaitu dengan meminum ramuan obat untuk jerawat. Berikut ini cara membuat masker wajah untuk mengusir jerawat:

Bahan-bahan pembuat masker jerawat:

  1. Tepung beras 1/4 liter
  2. Tepung pati bengkoang 1 ons
  3. Kayu manis 1/4 ons
  4. Kayu mesoyi 1/4 ons
  5. Klabet 1 sendok teh
  6. Buah pinang 2 biji
  7. Adas 1 sendok the

Cara membuat masker jerawat:

  1. Beras dicuci bersih kemudian direndam selama 12 jam, kemudian disaring dan disiram dengan air bersih hingga baunya hilang. Selanjutnya beras tersebut ditutup dengan daun pisang dan didiamkan selama 1 jam, agar beras menjadi keset dan tidak berair, sehingga ketika dihaluaskan menjadi mudah dan tidak lengket. Beras tersebut kemudian ditumbuk atau diblender sampai halus kemudian diayak.
  2. Tepung beras dan tepung pati bengkoang dicampur hingga rata.
  3. Kayu manis, kayu mesoyi, dan klabet disangrai hingga masak hingga warnanya kuning kehitaman, kemudian dihaluskan.
  4. Buah pinang dikupas kulitnya yang berupa sabut, kulit dalamnya yang keras dipecah, kemudian daging buahnya dicuci bersih, kemudian diiris tipis-tipis, dan kemudian dijemur hingga kering.
  5. Campurkan tepung beras dan tepung pati bengkoang dengan tepung kayu manis, kayu mesoyi, dan klabet hingga tercampur rata.
  6. Masker siap digunakan dengan cara memberi sedikit air.


Ramuan untuk Obat Jerawat

Jerawat merupakan momok yang menakutkan, apalagi bagi para remaja yang kerap dihinggapi gangguan ini yang bagi sebagian orang ini sangat memalukan. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara melakukan perawatan kulit wajah sejak dini dengan cara perawatan yang tepat. Ada 2 cara perawatan kulit wajah, yaitu perawatan dari luar dan dari dalam. Cara perawatan kulit wajah dari luar dengan cara memberi masker untuk wajah kita supaya kelihatan lebih cerah, halus, dan bebas jerawat, sedangkan cara perawatan dari dalam, yaitu dengan meminum ramuan obat untuk jerawat. Berikut ini cara membuat ramuan obat untuk mengusir jerawat:

Bahan-bahan obat jerawat yang diminum:

  1. Temu lawak 2 ibu jari
  2. Kencur 2 ibu jari
  3. Asam 1 buah
  4. Jinten 1/2 sendok
  5. Gula aren secukupnya

Cara membuat obat jerawat yang diminum:

  1. Temu lawak dan kencur dikupas dan dicuci bersih.
  2. Semua bahan direbus dengan menggunakan air satu setengah gelas hingga tersisa 1 gelas.
  3. Minum selagi hangat.

Demikian cara membuat ramuan obat jerawat, selamat mencoba, semoga bermanfaat.


























Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Flek hitam pada wajah adalah gangguan kesehatan pada kulit wajah yang terjadi akibat adanya penyakit kulit tertentu, seperti misalnya jerawat yang telah mengering yang meninggalkan bekas berupa flek hitam, selain itu flek hitam dapat juga terjadi sebagai akibat dari pengaruh bertambahnya usia seseorang.

Flek hitam pada wajah sangat mengganggu penampilan seseorang, rasa percaya diri akan hilang, sehingga seseorang akan merasa minder di hadapan orang banyak, bahkan ada sebagian orang yang merasa malu dan rendah diri. Flek hitam dianggap sebagai penghalang dalam pergaulan, sehingga aktifitas seseorang bisa terganggu.

Menghilangkan flek hitam memerlukan proses pengobatan yang membutuhkan waktu yang lama, sebab proses menghilangnya flek hitam terjadi dengan cara mengelupasnya sel kulit mati yang kemudian berganti menjadi sel kulit yang baru, sehingga tidak bisa hilang dalam waktu yang singkat atau beberapa kali pengobatan saja, apalagi bagi orang yang sudah tua, proses pergantian sel kulit akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan usia muda.

Cara menghilangkan flek hitam bisa dilakukan dengan menggunakan ramuan tradisional, yaitu berupa ramuan masker wajah dan ramuan minuman kesehatan. Berikut ini cara membuat masker wajah untuk menghilangkan flek hitam:

Bahan-bahan pembuat masker wajah:

1.      Tepung beras 1/4 liter
2.      Tepung pati bengkoang 1 ons
3.      Kayu manis 1/4 ons
4.      Kayu mesoyi 1/4 ons
5.      Klabet 1 sendok the
6.      Buah pinang 2 biji
7.      Adas 1 sendok the

Cara membuat masker jerawat:

1.      Beras dicuci bersih kemudian direndam selama 12 jam, kemudian disaring dan disiram dengan air bersih hingga baunya hilang. Selanjutnya beras tersebut ditutup dengan daun pisang dan didiamkan selama 1 jam, agar beras menjadi keset dan tidak berair, sehingga ketika dihaluaskan menjadi mudah dan tidak lengket. Beras tersebut kemudian ditumbuk atau diblender sampai halus kemudian diayak.
2.      Tepung beras dan tepung pati bengkoang dicampur hingga rata.
3.      Kayu manis, kayu mesoyi, dan klabet disangrai hingga masak hingga warnanya kuning kehitaman, kemudian dihaluskan.
4.      Buah pinang dikupas kulitnya yang berupa sabut, kulit dalamnya yang keras dipecah, kemudian daging buahnya dicuci bersih, kemudian diiris tipis-tipis, dan kemudian dijemur hingga kering.
5.      Campurkan tepung beras dan tepung pati bengkoang dengan tepung kayu manis, kayu mesoyi, dan klabet hingga tercampur rata.
6.      Masker siap digunakan dengan cara memberi sedikit air.

Cara menghilangkan flek hitam bisa dilakukan dengan menggunakan ramuan tradisional, yaitu berupa ramuan ramuan minuman kesehatan. Berikut ini cara membuat ramuan minuman kesehatan untuk menghilangkan flek hitam:

  1. Kunyit dipotong-potong kemudian dijemur hingga kering.
  2. Ambil 10 potongan kunyit yang telah kering.
  3. Kemudian direbus dengan air 2 gelas hingga mendidih dan tersisa 1 gelas.
  4. Tambahkan gula aren (gula jawa/gula kelapa) agar rasanya menjadi lezat.
  5. Minumlah ketika masih hangat.
  6. Ramuan tersebut diminum 2 kali sehari, yaitu pagi dan malam menjelang tidur.

Demikian, semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment