Friday, January 24, 2014

TARI ANGGUK




                                                    
                                                  TARI ANGGUK



Seni angguk adalah sejenis tarian tradisional yang dimainkan oleh masyarakat yang dulunya berfungsi sebagai media dakwah, namun sekarang sudah mulai bergeser perannya menjadi media hiburan yang banyak digunakan untuk menyambut tamu-tamu luar daerah. Seni satu ini dulunya sarat akan makna kehidupan yang mendalam, yang membuat orang ingat akan kematian. Namun kini angguk sudah disulap menjadi tontonan vulgar yang membikin berahi hidup meletup-letup dan lupa akan kematian, begitu cair. Penarinya didandani dengan busana minim kain dan gerakannya dibuat seprti dance, begitulah gambaran kesenian itu sekarang. 

Gambaran angguk yang ditanggap masyarakat ya yang seperti itu, angguk yang orisinil sudah lama pergi dan hanya mementaskan diri di dekat kuburan, sarat akan nilai mistik memang, namun jika ditilik dari tujuannya itu adalah hal wajar.

Tak ubahnya seni angguk yang mencair, seni adaptasi dari luar juga tak kalah cair, malah saking cairnya tidak dapat terbendung lagi. Budaya dance yang kian ‘hip’ di kalangan anak sekolahan, budaya cheerleader yang menjadi momok menggembirakan bagi kaum adam dalam setiap pementasannya,demikin sedikit tentang sejarah tari angguk yang merupakan salah satu warian budaya Indonesia ,hendaknya kita sebagai generasi muda bisa menjaga dan melestarikanya karena ini termasuk aset budaya yang berharga bagi bangsa Indonesia.

No comments:

Post a Comment