Monday, July 22, 2013

Cara Praktis Beternak Lele Dumbo

Pada umunya orang beternak lele dumbo hanya secara asal-asalan saja dan usahanya [pun sebagai usaha smpingan, padahal lele dumbo bisa dikembangkan sebagai usaha pokok yang sangat potensial, lebih-lebih bila mengeti cara pembudidayanya bisa mencapai hasil yang maksimal.

Untuk mendapat hasil yang optimal tentu harus tahun cara pengelolaanya , seperti petunjuk berikut merupakan cara praktis yang bisa anda terapkan.

A. Manfaat dan keuntungan beternak lele dumbo 

1. Mudah pemeliharaanya
Mengapa dikatakan mudah? jawabanya tentu saja "ya" karena pada dasarnya beternak lele dumbo memang tidak begitu sesulit memelihara udang windu, ikan bandeng, atau ikan air tawar lainya.
Begitu juga makanan sangat sederhana dan seadanya bahkan bisa sisa-sisa makanan sekalipun. Disamping itu bila pemberian makanan terlambat yang dikarenakan makanan sedang habis atau kelalaian karena sibuk bekerja atau banyak aktifitas. Ikan Lele dumbo tidak akan mati kelaparan, Disinilah keistimewaan lele dumbo. Kelebihan lain yang dimilikinya adalah kefleksibelanya yan bisa hidup dimana saja.

2. Cepat Pertumbuhanya
Proses pertumbuhanya ikan lele dombo memang benar-benar cepat dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainya. Tingkat kesuburanya yang tinggi bisa disebabkan karena faktor dari asal bibit induknya, bisa juga dari faktor makanan.
Dari hasil pengamatan dan penyelidikan pertumbuhan lele dumbo ternyata 60% disebabkan dari faktor makanan. Makanya yang begitu rakus inilah yang membuat kesuburanya. Ternak lele dumbo pada tempat yang memenuhi syarat, sudah bisa dipanen ketika lele dumbo sudah berumur berkisar antara 10 minggu sampai dengan 14 minggu. Biasanya jumlah perkilo sebanyak 8 ekor, bahkan bila cara pemeliharaanya baik dan mendapat perhatian penuh bisa mencapai 4 sampai 6 ekor /kg

3. Makanan Seadanya
 Bila dalam sehari-hari anda banyak mempunyai sisa makanan seperti nasi, duri ikan, sisik ikan, kepala ikan dan sisa makanan lainya, jangan dibuang, bisa anda manfaatkan sebagai bahan makanan ternak. Ternak lele dumbo khususnya sangat lahap sekali terhadap sisa-sisa makanan, apalagi yang berbau amis, baik untuk proses pertumbuhan ikan. Agar sisa makanan yang berbau amis dimakan habis sebaiknya di campur jadi satu, nah itulah keuntungan ternak lele.
4. jenis makanan dari alam
a.cacing
b.jentik-jentik nyamuk
c.bekicot
d.berudu / anak katak
e.bangkai binatang
f.rebon

5. Makanan Buatan
a. Pelet/ pur buatan
b. Pur jadi
sisa makanan sehari;hari
a. sisik ikan
b. duri ikan
c. kepala ikan
d. nasi dan sebagainya


No comments:

Post a Comment