Wednesday, July 10, 2013

cara mulai ternak lele

Untuk memulai budidaya lele tentu kita harus mempertimbangkan beberapa aspek penting dalam pembudidyaan lele ini terutama kita juga harus tahu jenis lele apa yang  akan kita budidayakan, mengenai jenis lele itu sendiri mungkin paling populer sekarang adalah lele Jumbo tentu banyak orang yang mengetahui tentang jenis lele ini, tapi ada juga jenis lele sangkuriang yang menjadi populer saat ini dan banyak orang yang membudidayakanya.
Mengenai lele Sangkuriang mungkin banyak juga orang yang belum tahu apa perbedaannya dengan lele Dumbo, kelebihan jenis lele sangkuriang adalah dia lebih kuat bertahan hidup dan juga tahan terhadap bebrbagai jenis penyakit, faktor ini membuat pertumbuhan lele sangkuriang menjadi semakin cepat besar dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan petrenak ikan lele sangkuriang sudah bisa memanennya dan siap untuk dijual dipasar.

Benih jenis lele ini pun sangat mudah didapatkan dan tentu harganya juga cukup murah mulai dari 50rupiah per ekornya. Cara berternak ikan lele ini juga prinsipnya sama dengan lele jumbo.
persiapan lahan sebelum berternak  lele jika anda ingin berternak 200 ekor lele dikolam maka diperlukan media lahan 1 m persegi/ bujur sangkar untuk media yang lain seperti di drum  juga sama prinsipnya. untuk jenis air sebaiknya mengandung plankton agar bibit lele yang baru dimasukkkan bisa memakanya. berikutnya  akan saya posting bagaimana cara membuat air yang mengandung plankton untuk pakan benih lele.


No comments:

Post a Comment