Sunday, July 14, 2013

CARA BUDIDAYA LELE SECARA PRAKTIS DAN EKONOMI

Dalam pembudidayaan lele khussunya lele lokal, pertama-tama yang anda harus pikirkan adalah persiapan benih, benih lele lokal dari pada anda susah-susah mencari benih ditempat agen jual beli benih, bisa anda lakukan dengan pencarian di alam seperti di sawah-sawh sungai-sungai, rawa-rawa dan tempat-tempat yang ada genangan airnya cukup, cara ini lebih praktis dan lebih hemat karena tak keluar biaya untuk pembelian benih. Selain itu penjualan tempat benih lele lokal sangat terbatas dan harganya agak mahal dan terkadang stok benihnya pun habis karena banyak permintaan yang meningkat.

Agar usaha pencarian anda bisa berhasil sebaiknya anda harus mengerti musimnya, sehingga usaha anda tidak sia-sia, musim iakn lele jatuh pada awal musim hujan, yaitu pada november sampai dengan bulan mei. Dalam pencarian benih di alam bebas, seperti di sungai anda harus tahu cara penangkapanya, cara yang benar adalah memegang bagian kepala, bila demikian anda akan selamat dari patil ikan lele, sebab jenis ikan lele suka mematil, begitu juga bila anda ingin cepat dapat benih yang cukup anda harus mengerti sarangnya.

Tempat persembunyianya adalah dilubang-lubang ditepi kiri pada sungai, pematang sawh atau tepian rawa-rawa atau danau lubang yang menjadi tempat sarangnya, biasanayakecil bagian pintunya, namun sangat dalam dan di dalam lebih lebar dan luas. Nah disitulah jenis ikan lele suka hidup berkumpul terutama di tempat yang gelap,  dalam penagkapan di dalam lubang anda terlebih dahulu harus mempersiapkan tempat atau ember plastik guna menampung hasil penagkapannya, tapi yang perlu di perhatikan dalam pengambilan benih dalam lubang secara hati-hati atau pelan-pelan dengan demikian ikan yang ada disitu tidak meloloskan diri.

Dalam satu lubang terdapat mencapai lebih 1000 ekor ikan lele. Teknik Pembenihan Tradisional baca juga artikel berikulnya tentang budidaya ikan lele

No comments:

Post a Comment