Sunday, October 5, 2014

bagaimana langkah-langkah membuat keripik singkong?

cara membuat keripik singkong
Langkah-langkah pembuatan keripik singkong adalah sebagai berikut:
1.Pemilihan
Sebagi bahan baku pembuatan keripik singkong, haruslah dipilih singkong dengan kualitas baik, bebas dari bercak-bercak hitam yang merupakan tanda-tanda dari serangan hama,serta penyakit dan tidak berkayu

2.Pengupasan
Pengupasan kulit singkong dilakukan dengan cara menoreh atau mengoreskan ujung pisau ke kulit singkong, kemudian dari bagian yang ditoreh tersebut kulit singkong mulai dikelupas

3. Pencucian
Pencucian dilakukan pada singkong yang telah dikelupas. untuk mendapatkan singkong yang benar-benar bersih, dapat digunakan alat bantu pencucian yang berupa sikat sabut kelapa.

4. Pemarutan
Parutan dilakukan pada singkong kupas yang telah dicuci bersih. Pada proses pemarutan ini dapat digunakan mesin pemarut kelapa yang saat ini mudah diperoleh atau ditemukan. Apabila pemarutan singkong tidak dapat dilakukan dengan segera, maka singkong kupas tersebut harus direndam dalam air sehingga tidak mengalami perubahan warna yang dapat berakibat pada penurunan kualitas kerupuk singkong yang dihasilkan, terutama dalam hal warnanya.

5. pemerasan
Pemerasan dilakukan dengan tujuan untuk memisahkan air yang terkandung dalam sinkong parut.
Pemerasan dapat dilakukan dengan alat pemeras singkong.
Pemerasan dapat dilakukan dengan cara memasukkan singkong parut kedalam kantong tenda dan kemudian membungkusnya. Kemudian singkong parut dalam kantong tersebut diikat dan dijepitkan diantara dua papan kayu.

Kedua papan kayu tersebut ditekan ketengah sehigga dengan demikian akan menekan bungkusan ddan proses pemerasan akan terjadi. Air hasil pemerasan singkong parut ditampung kedalam baskom.proses pemerasan dilakukan hingga kadar air minimal. yaitu hingga tak adayang menetes lagi, air hasil pemerasan tersebut diendapkan beberapa saat, , dan tepung tapioka hasil endapan tersebut dipisahkan dengan airnya.

6. Pengaraman
Gumpalan asam singkong sisa pemerasan dihaluskan hingga menyerupai serbuk amapas. Kemudian , tepung tapioka hasil pengedapan dicampurkan dengan serbuk ampas tersebut dan ditambahkan puyla garam serta bumbu-bumbu yang lain sesuai denga  rasa yang diinginkan . Namun umumnya para produsen kerupuk singkong hanya menambah rasa asin atau gurih saja pada kerupuk singkong yang dihasilkan.

7. Pengukusan
Pengukusan dilakukan setelah ampas simgkong diberi bumubu atau garam. untuk lebih mempercepat proses pengukusan dapat dimasukkan bebeapa bilah bambu atau beberapa batang pohon singkong diantara ampas tersebut. Dengan demikian proses pemnasan akan berlangsung relatif  lebih  cepat dan sempurna.
Setelah proses pengukusan mendekati setengah matang maka bambu tersebut dapat dicabut kemudian dilakukan penutupan dengan plastik dan  pengukusan dilanjutkan hingga ampas benar benar matang .

Dalam proses pengukusan ini sangat disarankan untuk menggunakan kayu bakar sebagai bahan bakarnya karena selain dapat menghasilkan panas yang lebih baik dibanding dengan menggunakan kompor .karena kayu bakar juga sangat mudah kita dapatkan dipedesaan. demikian bebarap hal yang perlu dilakuakan dalam membuat usaha keripik singkong.

No comments:

Post a Comment