Tuesday, February 18, 2014

manfaat Adas


I. Adas
Nama Ilmiah
.Foeniculum Vulgare Mill


Liri-ciri .umum
Tanaman ini berasal dan Eropa Selatan. Di daeeah lawa, ditanam di wilayahpegunungan. Tanaman mi umumnya tumbuh  di ketingian 1 .OO—2.4OO meter dari permukaan laut Tingginya 50—2(X) cm. Tumbuh merumpun dengan setiap rumpun terdiri dan 3—5 batang. Batang berwarna hijau kebiruan, beralurr, beruas, herlubang, dan dan saay dimemarkan akan mengeluarkan wangi.
Daun majemuk menyirip  ganda dengan sirip sernpit. Letak tumbuh daun berseling. Bentuk daun menverupai jarum dengan ujung  dan pangkal runcing serta tepian rata. Daum memiliki seludang berwarna putih. Seludang berselaput dengan bagian atasnya berbentuk topi



Khasiat dan Manfaat
H
asill suIingan serbuk huah adas mcnghasilkan dua rasa, yaitu manis dan pahit. Keduanya digu nakan dalarn industri obat-obatan, terutarna untuk mengharumkan rarnuan obat. Sebagai humbug, adas digunakan sebagai hahan untukmemperbaiki rasa (co-rigettia sapwis). Penggunaan adas biasanva bersamaan dengan kulit batang pulosari.
Bagian yang digunakan adalah buah yang sudah matang dan sebaiknaya dijemur sampai kering
Komponen aktif adas. anisaldehida,bisa meningkatkan khasiat streptomvcin untuk pengohatan TBC pada tikus percobaan. SeLain itu, dapat meningkatkan peristaltik saluran cerna. merangsang pengeluaran kentut menghilangkan dingin, dan mengeluarkan dahak, Minvak adas herkhasiat menyejukkan saluran cerna danbekerja mcnyerupai perangsang nafsu makandari satu  penelitian pada manusia dewasa, ditemukan bahwa adas mampu menghancurkan batu ginjal . Sementara itu, pada percobaan untuk binatang, ekstrak dan rebusan daun adas dapat menurunkan tekanan darah. tanarnan ini juga berkhasiat dalam mengobati batuk rejan, sulit tidur insornnia, dan mensitruasi yang tidak teratur. 
  Kandungan Kimia
minyak atsiri (Olcwn kwnicuIi) sebanyak 1—6%; 50-6O% anetol sekitar 20% fenkon pinen, limonen,dipenten,velandren,methilchavikol,anisaldehid, asam anisat, serta 12% minyak lemak. kandungan anetol menyebabklan adas mengeluarkan aroma yang khas dan berkhasiat karminatif  akar mengandung bergapten . Akar dan biji mengandung stigmasterin (serposterin)



No comments:

Post a Comment